Pemkab Kolaka Lamban Tangani Persolan Rakyat

Pemkab Kolaka Lamban Tangani Persolan Rakyat

Kolaka,KoP
Keindahan kolaka sebagai kota adipura tercemari oleh lumpur dan debu yang beterbangan disepanjang jalan akibat dari penambangan galian C yang semrautan. Petugas lalu lintas terkesan ada pembiaran karena truk yang memuat material tambang bebas berkeliaran dijalan ibukota tanpa penutup terpal. Sehingga dapat menimbulkan berbagai masalah di masyarakat diantaranya penyakit.

Lambannya pemerintah menangani masalah penambangan galian C yang tidak sesuai prosedur teknis di kelurahan Watuliandu dan laloeha memunculkan polemik. Instansi terkait seakan lepas tanggung jawab. Padahal sudah jelas didepan mata akibat yang ditimbulkan seperti jalan licin saat hujan, debu beterbangan terbawa truk pengangkut material tambang sehingga menggangu kenyaman ibukota dan pengendara serta merugikan warga yang mencari nafkah dipinggir jalan.

Koordinasi yang tidak terjalin antar instansi dan lemahnya kinerja petugas dilapangan baik dari satlantas, Dishub, Satpol PP memberi ruang terjadinya pelanggaran seperti banyak ditemukan truk pemuat material tambang melintas di jalan raya tanpa penutup terpal.

Warga yang berjualan dijalan Pahlawan mengatakan truk tambang yang memuat material yang lalu lalang dijalan tanpa penutup terpal mengakibatkan jalan berdebu sehingga hasil pendapatan warung makannya berkurang, karena tekena debu. “Kami harap agar pemerintah lebih tegas dan peka terhadap persoalan yang terjadi di masyarakat, khususnya bagi warga kecil seperti kami. Jangan jadikan warga sebagai kambing perahan hanya dimanfaatkan ketika ada kepentingan politik,”kata sejumlah warga yang terganggu.

Berkaitan dengan kondisi jalan ibukota yang berdebu akibat truk pengangkut yang tak tertutup terpal. Kadis Perhubungan dan Informatika, Bakri Balusu berdalih dan menganggap bahwa banyaknya debu di jalan akibat kelalaian dari pengawasan dalam hal ini kecamatan sebagai penerbit izin. “Seharusnya sebelum diterbitkan izin kelola, kecamatan harus memeriksa kelayakan perusahaan yang akan mengelola seperti layak atau tidak untuk dikeluarkannya izin. Sehingga pengelolaan tambang tidak akan menimbulkan dampak pada kerusakan lingkungan,”katanya.

“Sebaiknya truk yang mengangkut material tambang yang akan melintas di jalan umum, baknya harusnya tertutup terpal dan dalam keadaan bersih untuk mengantisipasi jatuhnya material tambang dijalan dan meminimalisir debu beterbangan yang terbawa oleh truk,”tuturnya.

Mengenai banyaknya truk tambang yang memuat material berkeliaran di jalan ibukota, ia mengatakan sudah sering menghimbau kepada pengelola tambang yang beroperasi untuk memenuhi syarat lalu lintas jika truk yang memuat melewati jalan umum.”Bahkan kami sudah pernah menindak sopir truk yang memuat material tambang yang tidak mau mengindahkan aturan lalu lintas yang telah ditetapkan. Tapi kendalanya banyak sopir yang nakal,”ujarnya. (k13)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s