Cuaca Buruk Pengaruhi Harga Sembako

Cuaca Buruk Pengaruhi Harga Sembako

Kolaka, KoP
Cuaca buruk yang melanda Kolaka beberapa pekan terakhir ini, ternyata berpengaruh terhadap harga kebutuhan pokok. Seperti yang terjadi di Pasar Raya Mekongga (PRM) misalnya, sejumlah harga Sembako mengalami lonjakan. Itu terjadi pada jenis gula pasir dan telur ayam broiler. Padahal, stok yang tersedia di pasaran masih cukup banyak, untuk memenuhi kebutuhan konsumen hingga beberapa pekan ke depan.
Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kolaka, Suardi mengatakan, terjadinya kenaikan harga Sembako saat ini, lebih cenderung dipengaruhi oleh cuaca yang tidak mendukung proses pendistribusian barang. “Harga terlebih dahulu mengalami kenaikan dari tingkat produsen kepada distributor. Akibat dari cuaca buruk yang menghambat proses pengiriman barang kesini, karena produsen tidak berani mengirim dalam jumlah yang banyak. Jadi untuk mentaktisinya, harga dinaikkan,” ujarnya.
Sembako yang mengalami kenaikan, yakni gula pasir dari sebelumnya Rp12 ribu perkilogram, sekarang sudah mencapai Rp13 ribu perkilogram. Kemudian telur ayam broiler, sekarang sudah mencapai Rp30 ribu perrak. Padahal sebelumnya hanya sekitar Rp25 ribu hingga Rp27 ribu perrak. “Kondisi seperti ini sudah terjadi sejak Minggu lalu. Tapi semoga saja tidak berlangsung lama, karena imbasnya pasti sama masyarakat dan juga pedagang sendiri,” tuturnya.
labih lanjut, Suardi mengatakan, keadaan seperti ini sudah kerap terjadi. Jika ada gangguan sedikit, baik itu dalam proses pendistribusian maupun tingginya permintaan masyarakat, harga langsung bergejolak. “Tidak bisa terhindarkan, karena Kolaka hanya bisa mendatangkan barang dari luar. Padahal, kalau melihat potensi Kolaka sangat mendukung, sehingga tidak perlu lagi ketergantungan dengan daerah lain. Contohnya saja telur, masih harus dipasok dari luar lagi,” tandasnya. (k14)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s