SMA 1 Kolaka Latihan Seni Musik

Seni musik bukan hanya menggunakan alat musik modern. Banyak peralatan sederhana yang juga bisa dimanfaakan sebagai alat bunyi, dengan sedikit sentuhan kreatifitas. Peralatan seperti galon air kosong, ember dan juga botol kecap, bisa dijadikan alat musik yang enak didengar.
Salah satu sekolah yang melakukan perpaduan alat musik sederhana dan tradisional adalah SMA 1 Kolaka. Pelatih SMA 1 Kolaka  Andri mengatakan, perpaduan dua jenis alat musik ini dinamakan perkusi. Alat sederhana digabungkan dengan alat musik tradisional. Selama ini katanya, para pelajar hanya mengetahui musik dihasilkan oleh alat musik modern, padahal alat sederhana juga bisa dijadikan sebagai alat musik. “Sebenarnya tujuan utama pelajar dilatih adalah karena siswa dipersiapkan untuk praktek kesenian sekolah, agar mendapatkan nilai yang baik. Selain itu , siswa tidak berpikir lagi bahwa musik hanya bisa dihasilkan alat modren ,” ujarnya.
Lebih lanjut ia menambahkan, pelatihan perkusi hanya dilakukan oleh SMA 1 Kolaka, yang diikuti oleh siswa kelas X dan XI. Siswa dilatih sejak bulan lalu, agar pada saat praktek tidak ada lagi kesalahan, adapun tempat latihannya adalah di alun-alun 19 November dan yang mengikutinya hanya siswa dari sekolah.  “Yang mengikuti pelatihan perkusi hanya SMA 1 Kolaka, tidak ada sekolah lain yang gabung,” jelasnya. (HARUN)

One thought on “SMA 1 Kolaka Latihan Seni Musik

  1. sya juga sala satu alumni SMA 1 kolaka,skrg kuliah di INStitut seni indonesia,
    sy ckup snnag bhwa skrg siswa beljar percusion, mgkn salah satu hal mrka bsa tau bhwa musik tdk hanya enak didngar dgn menggunakan alat musik mdren, ttpi dgn brg2 bekas bisa mnciptakan satu musik sdrhana,ttp asyik buat di dngar, suatu saat sy bsa mngjrkan lbh tntng musik etnik,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s