Dinkes Periksa Depot Air Minum

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolaka, gencar melakukan pemantauan dan pembinaan dalam pengolahan depot Air Minum Isi Ulang (AMIU), serta Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Kolaka. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran jika saja ada depot AMIU yang tidak memenuhi persyaratan mutu dan keamanan.
Ketua tim pemantau AMIU dan AMDK Dinkes Kolaka, Madu, mengatakan, saat ini tercatat 71 depot air minum di Kolaka. Rinciannya, 69 depot AMIU dan dua depot AMDK. “Untuk lebih meningkatkan pengawasan terhadap beredarnya usaha depot air minum di Kolaka yang tidak memenuhi syarat, pak Sekda telah menugaskan tim untuk melakukan pemantauan, pembinaan dan penertiban terhadap seluruh usaha depot air minum. Sehingga masyarakat terlindungi dari penyebaran penyakit akibat penggunaan air yang tidak memenuhi syarat,” ujarnya.
Kegiatan pemantauan itu dilaksanakan 12 hingga 20 maret lalu. Pemeriksaan yang dilakukan melingkupi pemeriksaan sanitasi dan tingkat higienis terhadap sarana AMIU dan AMDK. “Kami juga memberikan petunjuk teknis dan cara pengelolaan yang baik, sehingga air minum yang dihasilkan aman untuk dikonsumsi masyarakat,” imbuhnya.
Madu, mengatakan air yang memenuhi syarat untuk dikonsumsi harus memenuhi syarat fisik seperti tidak berbau, berasa dan berwarna. Syarat bakteriologinya terhindar dari bakteri e-coli. Syarat kimianya tidak terdapatnya zat kimia seperti nitrat, serta radioaktif. “Untuk pemeriksaan radioaktif tidak dilakukan, Hal ini dikarenakan tidak tersedianya alat dan tenaga teknis penguji,” ujarnya.
Dirinya juga mengungkapkan bahwa ditemukan sebagian bangunan depot air masih bergabung dengan rumah tempat tinggal, bahkan menyatu dengan kios tempat jual barang lainya. Dikhawatirkan hal itu menyebabkan penyebaran penyakit semakin mudah terjadi melalui lingkungan yang tidak bersih. “Selain itu pengelola AMIU  maupun tenaga operator, belum memahami sistem pengoperasian AMIU yang baik dan benar. Seharusnya mereka menggunakan kaos tangan, masker dan penutup kepala,” ujarnya.
Konsumen diharapkan untuk lebih selektif dalam memilih AMIU dan AMDK. “Periksa, apakah tempat membeli AMIU dan AMDK yang ada di kolaka sudah terakreditasi dan tersertifikasi oleh Dinkes Kolaka,” tandasnya. (NAWIR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s