80 Persen Penderita TB Sembuh

Guna lebih meningkatkan lagi mutu kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) kolaka mengadakan program monitoring evaluasi dots Tuberkulosis. Hal ini untuk menanggulangi penyebaran serta melakukan pengobatan terhadap penderita Tuberkulosis (TB), biasa dikenal oleh masyarakat umum penyakit TBC.
Untuk lebih memantapkan lagi program tersebut, Dinkes Kolaka mengadakan pertemuan kemarin (17/4), diikuti perwakilan dari 21 Puskesmas yang ada di kolaka dan dua Rumah sakit. Hal ini membahas penanggulangan yang sudah dilakukan oleh programer yang ada di puskesmas dan rumah sakit.
Kepala bidang pemberantasan penyakit menular Joko Ritriyanto, mengatakan pada tahun 2011 tercatat 420 pasien TB, 80 persen mengalami penyembuhan, sehingga penderita TB di Kolaka mengalami penurunan. dalam tiga bulan terakhir tercatat 86 penderita TB yang sedang mengalami pengobatan. “Kami memberikan hadiah kepada pengelolah program yang ada di Puskesmas ataupun Rumah Sakit, jika sukses dalam menjalankan program, hadiah diberikan berupa handpone dan sertifikat,” ujarnya.
Joko juga menambahkan, tujuan dari pemberian hadiah tersebut, untuk memotivasi pengelola program agar lebih baik dalam mengatasi masalah TB, bentuk penilaiannya dilihat dari segi penyembuhan.
Namun, kendala yang sering dihadapi, kurangnya antusias dari masyarakat untuk memeriksakan diri ke Puskesmas, serta pasien yang tidak mentaati program pengobatan. “Pengobatan TB harus memerlukan kedisiplinan penderita, untuk melaksanakan pengobatan dengan minum obat yang teratur. Pembenahan sanitasi perumahan terutama sirkulasi udara harus lancar,” tandasnya. (NAWIR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s