100 Hektar Sawah Bantuan Pemkab Panen Perdana

Bantuan percetakan sawah Pemkab Kolaka di desa Polenga efektif. Akhir pekan lalu, sawah seluas 100 hektar tersebut sudah memasuki masa panen perdana. Hasilnyapun sangat menggembirakan buat para petani. Rata-rata petani yang panen itu bisa menghasilkan hingga 20 karung gabah.
Anggota Kelompok tani Mamesakeda, Said mengatakan sangat bersyukur, karena pemerintah Kolaka memberikan bantuan percetakan 100 hektar sawah. Pasalnya hal itu, mampu membantu perbaikan ekonomi masyarakat yang kurang mampu. “Dahulu sebelum ada sawah, hanya utang saja yang banyak dan terus menumpuk,” katanya.
Ia menuturkan sebelum ada percetakan sawah, mayoritas lahan warga ditanami kakao. Tapi, hingga 15 tahun lahan tersebut mereka pelihara, hasilnya tidak pernah bagus. Hal itu terang Said disebabkan struktur tanah desa Polenga yang banyak mengandung air, membuat tanaman kakao tidak tumbuh baik. Kakao yang ditanam sering sekali mati karena akarnya busuk. Untuk mengakali itu, para petani harus membeli pupuk dan racun untuk gulma dalam jumlah banyak. “Tapi setelah panen, malah hasilnya nihil. Jadi petani utang terus,” tuturnya.
Said menambahkan para warga sebenarnya sudah berharap bantuan pembuatan sawah ini sejak tujuh tahun sebelumnya. Tapi baru disetujui pemerintah baru-baru ini. Sawah yang tercerak panjangnya empat kilo meter dan sudah ditanami padi. Kalaupun ada yang belum di tanami padi kata Said, itu karena pemiliknya terlambat menanam. “Soalnya saat pembuatan peematang banyak masyarakat yang menanam jagung untuk menyambung hidup,” ucapnya.
Panen perdana nyang rata-rata menghasilkan 20 karung gabah kata Said merupakan pencapaian yang menggembirakan bagi para petai desa Polenga. Sebabnya, itu baru penanaman perdana.
Salah seorang petani lainnya, Suri mengatakan bantuan sawah tersebut sangat membantu kehidupan keluarganya. Hasil panen perdana saja ugkapnya sudah bisa digunakan untuk menopang kehidupan keluarganya. “Bahkan kita sudah bisa menggunakan listrik dari PLN karena uang dari hasil jual jagung dan padi,” tandasnya.(DADANG/EKMAR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s