Siswa Miskin Dijatah Kuota 20 Persen

Siswa miskin yang ingin masuk di sekolah yang berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) tidak perlu merasa khawatir dengan biaya yang cukup mahal. Pasalnya, pemerintah mempunyai kuota untuk siswa miskin yang cukup besar, yakni sebanyak 20 persen.
Para siswa miskin ini, tidak akan dikenakan biaya sekolah, karena sudah dibantu oleh pemerintah. Salah satu sekolah yang menyadang RSBI adalah SMP 2 Kolaka, sudah mulai melakukan sosialisasi kepada siswa miskin tentang kuota untuk masuk di RSBI.
Kasek SMP 2 Kolaka Aco Akbar mengatakan, sosialisai kuota untuk siswa miskin sudah dilakukan sejak dibuka pendaftaran awal Maret, agar siswa kurang untuk mengisi kuota 20 persen. Namun, untuk mengisi kuota tersebut siswa terlebih dahulu melengkapi persyaratan yang akan diberikan.
Adapun persyaratan yang harus dilengkapi, siswa harus mengikuti tes berkas yang mana para siswa harus memiliki nilai rata-rata 7,5 diraport sekolah. Setelah itu, mengikuti tes akademik dan non akademik. “Sehingga siswa miskin yang masuk di RSBI memang betul-betul adalah siswa yang berprestasi. Karena tidak sembarang untuk masuk di kelas RSBI,” ujarnya.
Lebih lanjut ia menambahkan, biaya pendaftaran RSBI tidak dikenakan biaya apapun, karena sudah dengan juknis yang telah diberikan oleh pemerintah. Namun, pada saat tes IQ, Kata Aco. Akan ada biaya administrasi yang dikenakan kepada siswa. Tetapi biaya tersebut bukan untuk diberikan kepada sekolah, tetapi untuk panitia yang akan melakukan tes. “Sekolah tidak menanggung biaya tes IQ yang akan diberikan kepada sekolah, karena yang akan melakukan tes bukan dari sekolah. Sekolah sama sekali tidak terlibat dengan biaya administrasi tes IQ,” tandasnya. (HARUN)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s