Hujan Dua Jam, Lamokato Tergenang

hujan sebentar saja, bebeapa unit rumah dan bangunan tergenang.

Hujan yang melanda Kolaka sekitar dua jam kemarin (13/4), menyebabkan dua Sekolah Dasar dan beberapa rumah warga terendam. Beberapa ruas jalan juga digenangi air karena selokannya mampet, tidak bisa mengalirkan air dengan sempurna.
Adam pemilik rumah di kelurahan Lamokato yang rumahnya terendam air mengatakan, setiap kali hujan rumahnya selalu menjadi langganan banjir. “Air yang mengalir tidak bisa melewati saluran yang ada sehingga mengakibatkan rumah ini terendam air setinggi 50 senti dan barang-barang yang ada dalam rumah tidak bisa diselamatkan karena air yang mengalir sangat cepat,” ungkapnya.
Ia berharap kepada pemerintah setempat agar dapat memperhatikannya. Pasalnya saat ini dirinya mengalami kesulitan untuk membiayai keluarganya. Apalagi saat ini harus mencari tempat tinggal dulu untuk sementara waktu sambil menunggu rumahnya tidak terendam lagi.
Sementara itu Lisman, warga setempat mengatakan penyebab meluapnya air ke badan jalan disebabkan debet air yang sangat besar sehingga tidak dapat ditampung drainase yang ada. Akibatnya, banjir langsung meluap ke tengah jalan raya. “Di bawah deker juga saat ini memang banyak sampah yang menyumbat saluran dan jarang dibersihkan. Selain itu juga terdapat pipa PDAM yang membuat air yang datang menjadi tak lancar. Akhirnya sampah yang hanyut semua naik ke badan jalan raya yang membuat pengendara jadi terhalang,” ujarnya.
Sementara berdasarkan pantauan Koran ini, banjir yang melanda Kolaka kali ini mengakibatkan beberapa rumah terendam air dan dua Sekolah Dasar terendam air yakni SDN 1 dan SDN 2 Lamokato. Selain merendam Rumah warga dan SD, sepanjang jalan Khairil Anwar terendam air sehingga tidak bisa dilewati oleh kendaraan dan mengakibatkan arus lalulintas di jalan tersebut macet total.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s